Heterochromia Iridis, Kelainan Warna Iris Bola Mata

Heterochromia iridis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kelainan pada iris/ selaput pelangi (bagian berwarna dari mata). Orang yang hidup dengan heterochromia lengkap,  satu iris matanya memiliki warna yang berbeda dari iris mata lainnya. Misalnya, satu iris mungkin biru sedangkan iris lainnya adalah coklat. Heterochromia segmental terjadi ketika area iris yang sama dalam satu mata berbeda dalam warna. Satu atau kedua mata mungkin akan terpengaruh. 

heterochromia iridis, atau perbedaan warna iris penyusun warna  mata


Warna mata sendiri atau, lebih tepatnya warna iris, adalah salah satu dari karakteristik fisik paling jelas dari seseorang. Orang tua Eropa sering bertanya warna mata bayi yang baru lahir mereka, hanya untuk melihat iris berubah secara dramatis selama tahun pertama anak mereka hidup. 

Temuan genetik dan epidemiologi telah menemukan rincian lebih lanjut tentang dasar untuk warna iris, yang mungkin memiliki implikasi penting untuk penelitian lebih lanjut dan pengobatan beberapa penyakit mata dan karakteristik mata. Anehnya tidak ada sistem klasifikasi diakui secara luas untuk warna mata. Sebuah kesulitan ditambahkan ketika mencoba untuk merancang sebuah sistem internasional adalah bahwa perbedaan yang halus dalam deskripsi warna ada antara bahasa (misalnya cokelat vs auburn). 

Kami meninjau literatur terbaru dan sangat awal yang berkaitan dengan klasifikasi warna mata. penyelidikan genetik baru-baru ini warna mata cenderung menggunakan klasifikasi sederhana, seperti (sistem gradasi tiga kategori) atau lebih kompleks gradasi warna digital. Kami menyajikan sistem penilaian sembilan kategori. Kategori dalam skema baru ini meliputi: (i) cahaya biru; (Ii) biru gelap; (Iii) biru dengan cincin peripupillary coklat; (Iv) hijau; (V) hijau dengan cincin iris coklat; (Vi) perifer coklat pusat hijau; (Vii) coklat dengan beberapa hijau perifer; (Viii) coklat; dan (ix) coklat gelap. 

Sebagian besar kasus iridis heterochromia terjadi secara sporadis dan tidak berhubungan dengan gejala tambahan atau masalah kesehatan. Jarang, iridis heterochromia merupakan bagian dari sindrom seperti sindrom Waardenburg, sindrom Sturge-Weber, sindrom Parry-Romberg, atau sindrom Horner. Orang yang terkena salah satu kondisi ini umumnya memiliki tanda-tanda dan gejala lain selain iridis heterochromia. 

Iridis heterochromia bawaan muncul pada saat lahir atau dimulai beberapa waktu kemudian. Heterochromia bawaan diwariskan sebagai sifat dominan autosomal dan tidak berkaitan dengan kelainan mata atau sistemik lainnya. 

Sumber:
https:// reference.com/health/rare-heterochromia-humans-14ae35880f07567a

http:/onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1442-
9071.2010.02487.x/abstract;jsessionid=84AB450EE2374B794B3691459394FB78.f03t01

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/?term=21176045


0 komentar