Mengenal Fakta-fakta Penyakit Meningitis

Apakah penyakit Menigitis itu? Penyakit Meningitis adalah peradangan pada cairan dan selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini biasa diakibatkan oleh tiga jenis agen infeksi, yaitu bakteri, virus, atau jamur.



Secara definisi, Meningitis adalah peradangan pada meninges. Meninges adalah nama kolektif untuk tiga membran yang selaput otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat), yang disebut dura meter, arachnoid, dan piameter. Fungsi utama meninges, di samping cairan serebrospinal adalah untuk melindungi sistem saraf pusat.

Kata "meningitis" berasal dari kata Latin Meninga dan kata Yunani yang berarti Menix "membran". Akhiran "itis" berasal dari kata Yunani yang berarti  "berkaitan dengan". Dalam bahasa Inggris medis, akhiran "itis berarti" "peradangan".

Apa yang menyebabkan meningitis?Meningitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, dan organisme tertentu. Cacat anatomis atau sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat dikaitkan dengan meningitis bakteri berulang. Dalam sebagian besar kasus penyebabnya adalah virus. Namun, beberapa penyebab non-infeksi meningitis juga ada.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Oxford dan Imperial College London, Inggris, menunjukkan bagaimana bakteri yang menyebabkan meningitis bakteri meniru sel manusia untuk menghindari sistem kekebalan tubuh bawaan tubuh.

1. Viral meningitis

    Meskipun meningitis viral adalah yang paling umum, tetapi jarang mengakibatkan infeksi serius. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah virus yang berbeda, seperti virus nyamuk. Tidak ada pengobatan khusus untuk jenis meningitis. Dalam sebagian besar kasus penyakit sembuh  sendiri dalam waktu seminggu tanpa komplikasi.

2. Bakteri Meningitis

    Meningitis bakteri umumnya infeksi serius. Hal ini disebabkan oleh tiga jenis bakteri: Haemophilus influenzae tipe b, Neisseria meningitidis, dan bakteri Streptococcus pneumoniae. Meningitis yang disebabkan oleh Neisseria meningitides dikenal sebagai meningitis meningokokus, sedangkan meningitis yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dikenal sebagai meningitis pneumokokus. Orang menjadi terinfeksi ketika mereka berada dalam kontak dekat dengan discharge dari hidung atau tenggorokan dari orang yang terinfeksi.

    Dua puluh tahun lalu Hib adalah penyebab utama meningitis bakteri - sekarang tidak lagi berkat vaksin baru yang secara rutin diberikan kepada anak-anak.

    Dokter perlu mengetahui apa jenis meningitis telah menginfeksi pasien. Antibiotik tertentu dapat menghentikan beberapa jenis dari menginfeksi orang lain.

 Meningitis bakteri pada bayi baru lahir dan bayi prematur
    Suatu jenis streptokokus, yang disebut kelompok B streptokokus biasanya mendiami vagina dan merupakan penyebab umum meningitis pada bayi prematur dan bayi baru lahir selama minggu pertama kehidupan. Escherichia coli, yang menghuni saluran pencernaan, juga dapat menyebabkan meningitis antara bayi yang baru lahir. Meningitis yang terjadi selama epidemi dapat mempengaruhi bayi yang baru lahir - Listeria monocytogenes yang paling umum.

    Meningitis bakteri pada anak di bawah 5
    Anak-anak di bawah usia lima tahun di negara-negara yang tidak menawarkan vaksin umumnya terinfeksi oleh Haemophilus influenzae tipe B.

    Meningitis bakteri pada anak-anak yang lebih tua
    Anak-anak yang lebih tua umumnya memiliki meningitis yang disebabkan oleh Neisseria meningitides (meningococcus), dan Streptococcus pneumoniae (serotipe 6, 9, 14, 18 dan 23).

    Meningitis bakteri pada orang dewasa
    Sekitar 80% dari semua orang dewasa meningitis disebabkan oleh N. meningitidis dan S. pneumoniae. Orang lebih dari 50 tahun memiliki peningkatan risiko meningitis yang disebabkan oleh L. monocytogenes.

 Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga berisiko tinggi terinfeksi staphylococcus dan pseudomonas.

    Meningitis dan infeksi telinga dan prosedur bakteri

    Jarang, otitis media, mastoiditis, atau infeksi ke daerah kepala atau leher dapat menyebabkan meningitis. Orang-orang yang telah menerima implan koklea menjalankan risiko lebih tinggi terkena meningitis pneumokokus. Sebuah studi yang diterbitkan di Otolaryngology-Head and Neck Surgery menemukan bahwa anak-anak yang terserang gangguan pendengaran berat lima kali lebih mungkin untuk kontrak meningitis.

    Di negara-negara di mana meningitis TB adalah umum, ada insiden yang lebih tinggi dari meningitis disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.

    Cacat anatomis atau gangguan sistem kekebalan tubuh

    Entah cacat anatomi bawaan atau diperoleh dapat dikaitkan dengan meningitis bakteri berulang. Cacat anatomis mungkin memungkinkan cara untuk menembus ke dalam sistem saraf dari lingkungan eksternal. Cacat anatomi yang paling umum yang menyebabkan meningitis adalah patah tulang tengkorak, terutama ketika fraktur terjadi di dasar otak, atau meluas terhadap sinus dan piramida petrosa.

    59% kasus meningitis berulang disebabkan oleh kelainan anatomi, sedangkan 36% adalah karena sistem kekebalan tubuh melemah.






0 komentar