Delapan Tips Menjaga Imunitas Tubuh dengan Pola Hidup Sehat



Musim hujan tiba, biasanya diikuti dengan gangguan kesehatan seperti influenza dan gejala lain yang menyertainya. Ditambah lagi dengan pola makan yang kurang sehat, stres, serta pencemaran setiap harinya melemahkan daya tahan tubuh kita. Dengan beberapa perubahan sederhana dalam hidup, kita bisa menambah sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan-serangan mikroba. Berikut ipsnya:

1. Konsumsi suplemen vitamin D. Anak-anak yang diberi vitamin D3 sebesar 1.200 IU setiap hari, 60% kali lebih kecil risikonya terserang  penyakit

2. Turunkan berat badan. Dalam penelitian dari Tufts University di Boston, ketika 46 pria dan wanita yang kelebihan berat badan makan dengan kalori lebih sedikit selama enam bulan, sistem imun mereka berfungsi lebih baik.

3. Diet kaya buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung berbagai fitonutrisi, vitamin dan mineral yang sangat penting dalam menguatkan sistem imun. Asupan vitamin dan mineral esensial akan menjaga sistem imun agar bekerja dengan benar dan menyediakan perlindungan dari infeksi dan penyakit.

4. Istirahat yang cukup. Selama tidur, tubuh akan melepaskan zat yang berfungsi menguatkan sistem imun.

5. Program olahraga. Untuk membangun sistem kekebalan tubuh, setiap orang disarankan untuk mengikuti program olahraga mulai dari intensitas rendah hingga sedang selama 25-30 menit per harinya.

6. Minum 6-8 gelas per hari. Sebagian besar cairan tubuh terdiri atas air yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh dan mengeluarkan sampah melalui air seni.

7. Tambah asupan vitamin C. Pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin C sebanyak 1000-2000 mg per hari. Vitamin C bisa menurunkan kadar histamine dan bisa meningkatkan kadar immunoglobulin, protein darah yang berperan sebagai antibodi untuk melawan penyakit.

8. Pastikan asupan seng Anda terpenuhi. Kekurangan mineral satu ini akan sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

0 komentar