Si Merah yang Segar dan Menyehatkan


Semangka merupakan jenis buah berair. Selain buah yang nikmat dikonsumsi sebagai cemilan sehat, semangka juga ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Sembilan puluh persen kandungan semangka terdiri dari air. Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 



Kandungan berbagai nutris dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh :

1. Menjaga kesehatan jantung. Sebab, semangka merupakan  salah satu buah yang mengandung banyak likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

2. Menyehatkan mata. Betakaroten dalam buah semangka akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Buah semangka merupakan salah satu sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca ekstrem.

4. Perlindungan Dari Radikal Bebas. Sebab, semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Memperkuat tulang. Sebab, semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Dimana kalsium berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan persendian.

6. Menyehatkan ginjal. Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka ginjal akan terjaga kesehatannya.

7. Mengurangi timbunan lemak. Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline. Dimana citruline berperan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

Oleh karena itu, konsumsilah semangka sebagai makanan penutup atau camilan sehat mulai sekarang, guna menjaga kesehatan tubuh.

0 komentar