Manfaat Rumput Ilalang untuk Kesehatan


Ilalang memiliki nama latin Imperata cylindrica, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, yang mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Sementara orang Belanda menyebutnya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

ilalangRumput ilalang atau kadang lebih di kenal dengan Alang-alang ini adalah rumput liar yang biasanya dianggap rumput pengganggu. Namun, ternyata Rumput ini merupakan salah satu herbal yang dijadikan ramuan dalam  pengobatan Tradisional. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat rumput ilalang bagi kesehatan:

1. Obat Radang Paru-paru
Caranya: 500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

2. Obat Asma
Caranya:100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

3. Obat Diare
Caranya: 250 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.

4. Obat Hipertensi akibat sakit ginjal
Caranya: 200 akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, minum 2 kali sehari.

5. Obat Kencing Batu
Caranya: 100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, untuk di minum 3 kali sehari, hingga batu keluar.

6. Obat Keputihan
Caranya: 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring,  dan minum 2 kali sehari.

7. Melancarkan Air Seni
Caranya: 250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring, untuk di minum 3 kali sehari.

8. Obat Mimisan, hepatitis
Caranya: 200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring, untuk diminum 3 kali sehari.

9. Obat Prostat
Caranya: 500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, untuk diminum 3 kali sehari.

Demikian manfaat rumput ilalang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 komentar