Khasiat Tomat untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan


Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solonaceae, tumbuhan ini asli Amerika Tengah dan Selatan. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.


Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filiphina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia.

Tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala. Buah tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Berdasarkan beberapa sumber buah tomat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan.
2. Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.
3. Memperkuat Tulang Pada Tubuh. Sebab, tomat merupakan salah satu sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang (osteoporosis).
4. Kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.
5. Pencegah Diabetes Secara Alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda.
6. Menajamkan Penglihatan Anda. Kandungan vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
7. Memperkuat dan Memperindah Rambut. Kandungan vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

0 komentar