Ekowisata: Dua Gua Unik di Sulawesi Selatan

Goa Leang Pute, Sulawesi Selatan
Sulawesi Selatan~ Toraja, ya barangkali jika ada yang paling umum dikenal di propinsi Sulawesi Selatan ini adalah suku Toraja.  Keberadaan budaya etnik yang satu ini memang menyimpan banyak keunikan. 

Namun, ternyata Sulawesi Selatan juga memiliki objek-objek wisata alam, salah satunya adalah wisata Goa. Terdapat dua gua yang sangat indah dan siap menantang nyali Anda untuk berpetualang di dalamnya. Gua dimaksud ialah Gua Leang Pute dan Gua Leang Leaputter.  Berikut ulasan singkatnya bagi Anda yang tertarik untuk menjelajah ke sana.

Gua Leang Pute
Gua Leang Pute sangat cocok untuk Anda yang hobi akan tantangan alam. Betapa tidak, kedalaman gua di Kabupaten Maros ini lebih dari 200 meter. Sementara itu, mulut guanya memiliki lebar sekira 60 - 80 meter.

Uniknya, ada banyak ornament yang tak lazim di Gua Leang Pute. Ornamen dimaksud antara lain menyerupai tangan, kepala, dan bentuk lain layaknya lukisan gaya abstrak. Di gua ini juga banyak terdapat berbagai hewan melata yang siap menguji nyali Anda.

Gua Leang Leaputter
Gua Leang Leaputter disebut-sebut sebagai gua terpanjang di Kabupaten Maros. Gua yang termasuk dalam gua vertical ini memiliki kedalaman sekira 260 meter. Selain indah, gua ini diperkirakan pernah menjadi tempat persembunyian manusia purba. Hal itu terlihat dari keberadaan lukisan batu dan perkakas kuno di gua ini.

Sahabat Zona Biologi Kita tertarik?

0 komentar