Manfaat Kencur untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Kencur merupakan salah satu tanaman rempah dalam masakan tradisional Indonesia. Namun, saat ini dengan perkembangan teknologi manusia kencur juga dimanfaatkan pada industri kosmetika, penyedap makanan dan minuman, dan rempah.


Kencur juga merupakan salah satu komponen obat  tradisonal yang sangat tekenal. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat kencur untuk pengobatan herbal, diantaranya:
1.  Obat sakit tenggorokan.
2.  Obat kembung.
3.  Obat penghilang rasa capek setelah beraktifitas.
4.  Sebagai penambah nafsu makan,
5.  infeksi bakteri,
6.  obat batuk,
7.  disenteri,
8.  tonikum,
9.  ekspekatoran,
10. Obat radang lambung,
11. radang anak telinga,
12. influenza pada bayi,
13.  masuk angin,
14. sakit kepala,
15. menghilangkan darah kotor,
16. mempelancar haid,
17. mata pegal,
18. keseleo,

Adapun cara memanfatkan kencur untuk pengobatan, adalah sebagai berikut:

1. Untuk obat batuk dan sakit tenggorokan
Ambil beberapa buah kencur, kupas kulitnya, dan parut. peras, ambil sarinya dan saring. tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari sampai batuk atau sakit tenggorokan menghilang.

2. Untuk obat  Keseleo
Ambil satu rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Lumatkan kedua bahan dengan air secukupnya. tambahkan minyak kayu putih atau parem. olesakan atau gosokan pada bagian yang keselo. bisa juga dengan menempelkan ramuan yang elah dihaluskan tersebut kebagain yang sakit, lalu balut dengan kain kasa.

3. Untuk berbagai macam pengobatan lainya dengan mengkonsumsi ramuan beras kencur yang diseduh.
Caranya: siapkan beras dan kencur sesuai kebutuhan. Jika menginkan rasa dan aroma yang berbeda, tambahkan Biji kedaung, rimpang jahe, biji kapulogo, asam jawa, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis, atau buah pala. Untuk pemanis, digunakan gula merah, dicampur gula putih atau gula batu.
Atau Anda juga bisa membeli yang sudah siap saji di penjual jamu tradisional.

0 komentar