Cara Mencegah Toksoplasmosis

tosoplasma gondhii

1. Ambil vaksinasi TORCH (Toxoplasma, rubella, cytomegalo dan herpesvirus) sebelum kehamilan. Bagi Anda yang baru menikah, jangan sampai terlewatkan program vaksinasi tersebut.

2. Masak daging dengan matang. Gunakan ukuran termometer bila memanggang dalam oven hingga mencapai derajat celcius. Bila tidak menggunakan ukuran suhu, yakinkan bahwa daging telah masak seluruhnya (tidak ada lagi yang masih berwarna kemerahan).

3. Hindari minum susu mentah yang tidak dipasteurisasi, atau telur setengah matang.

4. Cuci bersih/kupas buah-buahan dan sayuran-sayuran yang dimakan mentah.

5. Cuci kembali peralatan masak, piring, pisau dan tangan Anda dengan sabun setelah dipakai mengolah daging mentah.

6. Jangan sentuh mulut, hidung atau mata Anda ketika berkebun atau memasak daging mentah/sayuran yang masih kotor.

7. Cuci tangan sebelum makan dan hindari air yang terkontaminasi. Minumlah dari sumber yang jelas aspek kebersihannya, jangan sembarangan.

8. Jangan memelihara atau mendekati kucing ketika Anda sedang hamil. Bila Anda tetap memutuskan untuk memelihara kucing, perhatikan hal-hal berikut.

a. Biasakan agar binatang tersebut buang kotoran di tempat yang disediakan dan segera buang kotorannya ke tempat yang aman. Benih Toxoplasma (oosit) tidak berbahaya sebelum 24 jam, jadi sebaiknya jangan ditunda-tunda. Gunakan sarung tangan yang langsung dibuang dan cuci bersih tangan Anda setelah melakukannya.

b. Beri makanan yang masak atau catfood, jangan biarkan kucing berkeliaran di luar dan mencari makan sendiri.

c. Jauhkan kucing dari dapur dan meja makan.

d. Selalu cuci tangan setelah memegang kucing Anda.

0 komentar