Ikan Bertulang Rawan: Ikan Hiu dan Ikan Pari

Terdapat satu soal yang terkait dengan sistem rangka pada hewan sebagai berikut:

Rangka tubuh ikan hiu yang masih muda banyak mengandung osteoblas
                                      SEBAB
Osteoblas sangat berperan dalam proses pembentukan tulang

Pilihan jawaban;
A, jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua benar, terdapat hubungan antara kedua pernyataan tersebut
B, jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua benar, tetapi tidak terdapat hubungan antara kedua pernyataan tersebut
C, jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua salah
D, jika jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua benar
E, jika kedua pernyataan salah

Apa jawaban Anda?

Kami berikan sedikit pembahasan sebagai petunjuk menjawab.

Ikan (Pisces) merupakan fauna yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Secara morfologi sangat terlihat variasi-variasi khas pada setiap spesies yang dapat dijadikan dasar klasifikasi. Salah satu contohnya adalah tulang penyusun kerangka tubuh pada ikan, terdapat ikan yang kerangkanya tersusun atas tulang sejati atau tulang keras dan tulang rawan. Pengklasifikasian ikan berdasarkan ciri tersebut terjadi pada tingkatan kelas, yaitu yang yang memiliki kerangka dari tulang sejati termasuk dalam kelas Osteichtyes sedangkan ikan yang memiliki kerangka dari tulang rawan termasuk dalam kelas Chondrichthyes. 

Tulang rawan bersifat elastis serta terdiri atas sel-sel rawan yang dapat menghasilkan matriks berupa kondrin. Tulang rawan dewasa dibentuk oleh selaput tulang rawan  (perikondrium) yang mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan (kondroblas). Tulang rawan ada tiga tipe, yaitu tulang rawan hialin, elastis, dan serat. Sementara itu, tulang keras (osteon) berfungsi menyususn sistem rangka dari organisme bertulang keras, termasuk ikan sub kelas Osteichtyes. Tulang keras terdiri atas beberapa bagian sbb:
   a). Osteoblas: sel tulang muda yang akan membentuk osteosit
   b). Osteosit: sel-sel tulang sejati dewasa
 c). Osteoprogenerator: sel khusus derivat mesenkim yang memiliki potensi mitosis untuk berdiferensiasi menjadi osteoblas. Bagian ini terdapat pada periosteum
   d). Osteoklas: sel yang berkembang dari monosit dan terdapat di sekitar permukaan tulang, berfungsi untuk perkembangan , perawatan, dan perbaikan tulang.


Kesimpulannya, apa jawaban Anda?

Ya, jawabannya adalah D. Osteoblas menyususn tulang sejati, bukan tulang rawan. Sel-sel muda tulang rawan bernama kondroblas. 

0 komentar