Enam Tips Memperkuat Daya Ingat


Daya ingat atau ingatan sama halnya dengan organ tubuh yang lain, yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik. Beberapa sumber menyebutkan, beberapa cara sederhana yang dapat anda ikuti untuk menjaga daya ingat.


1. Jangan pernah berhenti belajar
Selalu mencari topik menarik, dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut.

2. Menjalin hubungan sosial dan keluarga anda
Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial kita, semakin baik untuk otak kita. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh.

3. Mengembangkan kebiasaan baru
Setiap kali mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Latih pikiran anda dengan permainan-permainan.
Semakin kita menggunakan keistimewaan otak, akan semakin membantu daya ingat kita tetap bugar.

5. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat anda
Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

6. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda
Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, yaitu:
1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3. Jus buah, buah
4. Berbagai macam berry, buah delima
5. Kacang-kacangan
6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya

0 komentar