Solusi Sakit Gigi Herbal


Lebih baik sakit hati// daripada sakit gigi ini, biar tak mengapa// itulah sebait lagu yang dilantunkan pedangsut Meggy Zakaria (Meggy Z) di era 90 an. Namun siapa bilang sakit gigiitu tidak bermasalah? sebaliknya sakit ggi jika tidak ditangani serius dapat mengakibatkan sakit yang lebih berbahaya.  
solusi sakit gigi

 Alasannya, gigi memang salah satu komponen tubuh yang sering disepelekan. Padahal, jika sakit gigi makan apapun akan terasa tidak enak. Selain itu, sakit gigi pada stadium tertentu dapat membuat orang sulit tidur akibat menahan rasa sakit. Namun, tak semua orang percaya sepenuhnya pada obat-obatan kimia yang seringkali menimbulkan efek samping. Berikut ini kami sampaikan beberapa obat herbal untuk kamu yang sedang sakit gigi.
1. Serai
Sereh atau serai selain dapat untuk bumbu dapur juga ampuh untuk obat sakit gigi. Caranya, rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Selanjutnya, air rebusan dapat digunakan untuk berkumur.

2. Daun Cengkeh
Daun cengkeh cukup ampuh untuk obat sakit gigi. Caranya pun cukup mudah. Cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Selanjutnya, peras dengan kain, basahi kapas dengan cairannya, dan jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

3.Teh Hangat
Minuman teh dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berdasarkan buku terkenal Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Caranya, tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan.

4. Cabe rawit
Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Untuk mengobati sakit gigi, larutkan cabe ke dalam air panas. Kemudian, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi yang sakit.

5. Akar Kangkung
Akar kangkung cukup mudah didapatkan. Untuk obat sakit gigi, sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka. Setelah direbus dengan segelas air, gunakan airnya untuk berkumur ketika gigi sakit.

0 komentar