10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga. Sebab, dengan memiliki mata yang sehat, kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Sudah keharusan bagi kita untuk menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya. 

Mata yang sehat sumber keindahan wajah


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata:

1. Membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal sekitar 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

2. Tidak membaca buku atau teks apapun dalam posisi tiduran. Sebab, hal ini juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata, seperti miopi.

3. Pencahayaan yang cukup, karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.

4.  Mengistirahatkan mata, dan jangan terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop.

5. Tidak mengucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor. Karena, tangan yang kotor dapat mengakibatkan infeksi pada mata, dan yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada mata.

6. Menambah intensitas kedipkan mata. Terutama pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

7. Mengkonsumsi makanan nsehat yang menunjang asupan kebutuhan nutrisi untuk kesehatan mata. Contohnya, makanan mengandung vitamin A seperti, wortel yang merupakan salah satu jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A.

8. Perbanyak menghirup udara segar, terutama dipagi hari. Sebab, dengan banyaknya oksigen atau udara bersih yang masuk akan memperlancar aliran darah ke mata. Sehingga, mata terasa selalu segar dan berbinar.

9. Perbanyak minum air putih. Air putih berfungsi membersihkan racun-racun dalam darah. Agar darah yang mengalir ke organ mata adalah darah yang bersih dari racun, maka perbanyak minum air putih disetiap harinya.

10. Menyegarkan mata dengan sering-sering menikmati warna-warna pepohonan. Aktivitas ini akan membantu anda menyegarkan mata, karena daun-daunan memiliki fungsi menghasilkan oksigen.

0 komentar