PEMANFAATAN PESAN-TREND ILMU GIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KONSERVASI MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

 

Muhammad Luthfi Hidayat1), Desi Alfindasari 1)

oepik.ecrivain.83@gmail.com

1)Jurusan Pendidikan Sains konsentrasi Biologi, Program Pascasarjana,

Universitas Negeri Yogyakarta

 

ilmu giri 1

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konservasi lingkungan berbasis masyarakat di pesan trend Ilmu Giri, dusun Nogosari, desa Selopamioro, Bantul, Yogyakarta serta potensi pemanfaatannya sebagai sumber belajar Biologi berbasis konservasi materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya dalam kurikulum 2013 untuk siswa SMP Kelas VII.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi (field research). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu melakukan wawancara mendalam kepada responden yang memiliki informasi yang dibutuhkan mengenai obyek penelitian. Penelitian ini dilakukan di pesan trend Ilmu Giri, dusun Nogosari, desa Selopamioro, Bantul, Yogyakarta dan di rumah pimpinan pesan trend Ilmu Giri, Nasruddin Asnhory, di Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan trend Ilmu Giri memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sebagai sumber belajar Biologi materi Interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VII, khususnya pada kompetensi dasar 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya, KD 2.1 menunjukan perilaku ilmiah memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur;teliti;cermat;tekun;hati-hati; bertanggungjawab; terbuka;kritis;kratif;inovatif;dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengematan, percobaan dan berdiskusi, KD 2.4 Menunjukan penghargaan pada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, KD 3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya, dan KD 4.8 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

Kata kunci: pesan trend, ilmu giri, sumber belajar biologi, konservasi, interaksi makhluk hidup, kurikulum 2013, SMP kelas VII

0 komentar